Dokumen Keperawatan

Sunday 20 April 2014

Ada Apa Denganmu "UU Keperawatan" ?

Ada Apa Denganmu "UU Keperawatan" ? - Jika membahas tentang UU Keperawatan, rasanya tidak akan pernah berakhir. Heran, aneh saya rasa. Sudah lama, bahkan cape kita mendengar tentang UU Keperawatan, sebenarnya UU Keperawatan sudah diwacanakan semenjak 20 tahun yang lalu akan tetapi mulai masuk program legislasi nasional DPR pada tahun 2004. Pertanyaan yang sampai ini adalah kenapa tidak segera di sahkan ?? Sekarang sudah menginjak tahun 2014, kenapa masih saja belum ?? sesuai lirik lagu Peterpan (band Indonesia) “Ada apa denganmu ??”
Ada Apa Denganmu "UU Keperawatan" ?

Sudah saatnya kita sebagai perawat lebih serius mengkritisi permasalahan ini jangan sampai kita sebagai perawat tidak mempunyai KELEGALAN tentang profesi yang kita lakukan. Perawat menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan sangat berperan penting dalam kesembuhan pasien. Karena itu, perawat harus mampu memberikan pelayanan terbaik untuk menunjang pelayanan kesehatan, serta para perawat harus memberikan pelayanan yang aman dan profesional, berkinerja tinggi serta peduli pada pasien. Ini bisa mengurangi beban psikologis pasien. Tetapi jika sampai saat ini di tahun 2014 ini UU Keperawatan belum disahkan, nasib kita para perawat seperti halnya buruh, karena tidak ada perlindungan hukum yang kuat dalam pelayanan kesehatan yang berkualitas, lantas bagaimana peran pemerintah dalam menuntaskan permasalahan ini ?? apa kita hanya tinggal diam saja, menunggu yang tidak pasti ?? tentu tidak, karna banyak aksi - aksi yang telah dilakukan mulai dari aksi mahasiswa, sampai aksi yang dilakukan oleh organisasi kita perawat yaitu PPNI, contohnya di tahun 2013 kemarin, tapi hasilnya apa hahaa...NOL, tidak ada tanggapan sedikitpun mengenai pengesahan UU Keperawatan, sementara undang-undang tersebut mempunyai peran sangat vital sebagai landasan hukum tertinggi praktek keperawatan di Indonesia.

Ada Apa Denganmu "UU Keperawatan" ?
Demo Perawat Indonesia dalam menggolkan UU Keperawatan, di Depan Gedung DPR, 2013


Dalam rangka hari keperawatan sedunia (International Nurse Day) yang jatuh pada tanggal 12 Mei nanti, saya ingin rasanya sedikit memberikan tulisan tentang Nasib UU Keperawatan. Dan pertanyaan saya, apa yang akan kita lakukan dihari 12 Mei nanti ?? apakah ada agenda besar dengan bertema kan RUU Keperawatan lagi ??

Oleh karena itu, sebelum menginjak hari perawat sedunia 12 Mei nanti, saya mengajak kepada seluruh teman - teman sejawat di keperawatan untuk besikap yang lemah lembut kepada pasien – pasien kita, jangan sampai kita dikatakan sebagai perawat yang judes, sehingga persepsi yang muncul dari masyarakat tentang perawat judes akan mulai hilang, jangan nodai pekerjaan yang sangatlah mulia di mata Tuhan ini dengan selentingan - selintingan dari masyarakat. Mari mulailah dari kita sendiri untuk MENGGOLKAN UU Keperawatan di tahun 2014 ini, tunjukkan sikap profesionalitas kita sebagai seorang perawat. 

Saya ingin tekankan dan menanamkan dalam jiwa profesi kita, bahwa “SAYA BANGGA MENJADI SEORANG PERAWAT”, “JANGAN BANGGA JADI DOKTER KECIL, NAMUN BERBANGGALAH SEBAGAI PERAWAT BESAR”, mari kita berikan yang terbaik buat bangsa kita ini sehingga bisa terwujudnya “INDONESIA SEHAT TAHUN 2015”, dan memulai dengan “5S” Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun terhadap pasien kita. Semoga perawat Indonesia semakin maju dan senantiasa menunjukan prefesionalitas dan etos kerja yang tinggi dalam mendarmabaktikan diri dan profesinya untuk bangsa dan negara. 
“HIDUP PERAWAT INDONESIA, UU KEPERAWATAN HARUS SEGERA DISAHKAN atau TIDAK SAMA SEKALI”

0 comments :

Post a Comment