Dokumen Keperawatan

Monday 28 April 2014

Tips Mudah Hindari Kemandulan


Tips mudah hindari kemandulan - Kendati wanita sering dituding menjadi penyebab utama kemandulan, perlu diingat bahwa pria pun bisa jadi biang keladinya. Untuk itu bila tak ingin hal buruk ini terjadi, tiap pasangan harus tahu bagaimana cara mencegah momok mereka ini.

Kuncinya tentu menjaga kesehatan secara umum, karena tubuh yang sehat sudah pasti subur. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kemandulan, seperti dikutip detikHealth dari ABC Australia.

Tips Mudah Hindari Kemandulan 

Terapkan pola makan seimbang
Yang dimaksud dengan pola makan seimbang adalah menu makanan yang terdiri atas sumber karbohidrat, protein serta serat. Selain itu tiap wanita yang ingin punya anak harus menambah asupan asam folatnya, bisa dari suplemen atau sumber lain seperti sayuran hijau, buah dan sereal, terutama sebelum dan tiga bulan pertama kehamilan.

Tips Mudah Hindari Kemandulan

Olahraga yang sedang-sedang saja
Olahraga secara berlebihan justru memicu terjadinya gangguan pada siklus menstruasi wanita dan mempengaruhi produksi sperma karena suhu di sekitar testis menjadi tinggi.

Tips Mudah Hindari Kemandulan

Berhenti merokok
Hal ini jelas karena merokok terbukti menyebabkan penurunan jumlah sperma dan memperlambat pergerakan sperma. Bagi wanita, kebiasaan ini juga membuatnya rentan keguguran.
Begitu juga dengan konsumsi alkohol. Pasalnya alkohol adalah racun pembunuh sperma, mengurangi jumlah sperma, mengganggu performa seksual dan keseimbangan hormonal dan menaikkan risiko keguguran.

Tips Mudah Hindari Kemandulan

      Hindari pestisida
Terpapar racun lingkungan seperti pestisida, timah, logam berat dan racun kimiawi lainnya dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk menghasilkan keturunan, karena racun ini diklaim dapat mengobrak-abrik keseimbangan hormon dalam tubuh manusia.


Tips Mudah Hindari Kemandulan

Konsultasi obat
Pastikan sebelum hamil Anda dan suami/istri telah berkonsultasi dengan dokter terkait obat-obatan yang Anda konsumsi selama ini. Pasalnya memang ada sebagian obat yang dapat mengganggu kemampuan reproduksi tubuh.

Tips Mudah Hindari Kemandulan

Turunkan bobot
Khususnya untuk para wanita, terutama bila memang ia kelebihan berat badan. Keadaan ini telah lama disepakati pakar dapat menurunkan peluang kehamilan seorang wanita.


Tips Mudah Hindari Kemandulan

Tidak berendam lama-lama
Jauhi sauna, spa dan kolam air panas, apalagi berendam di air hangat dalam waktu lama. Sama dengan penggunaan celana ketat, berendam di air hangat membuat testis gerah sehingga enggan memproduksi sperma.

Tips Mudah Hindari Kemandulan

Kenakan pakaian dalam yang longgar
Celana, jins atau pakaian dalam yang ketat dapat mengurangi produksi sperma karena testis dibuat kegerahan.

Sumber : detikHealth

0 comments :

Post a Comment