Dokumen Keperawatan

Saturday 19 April 2014


Lahan Kerja Perawat - Banyak sekali orang-orang membicarakan lahan kerja Perawat, salah satunya mahasiswa keperawatan banyak berpikir bahwa lahan kerja perawat di Indonesia itu hanya di Rumah Sakit atau Puskesmas. Dan mereka berpikir, jika tidak kerja di Rumah Sakit atau Puskesmas, mereka bisa mencoba dunia pendidikan sebagai pengajar/pendidik di insitusi keperawatan. Itulah realitanya persepsi orang-orang tentang lahan kerja Perawat. Dan inilah salah satu alasan rekan-rekan sejawat saya atau mahasiswa keperawatan yang semangatnya pudar karna lahan kerja perawat yang mereka pikir tidak jelas.

Mereka mungkin tidak terbayangkan bahwa sebenarnya lahan kerja Perawat sangatlah luas dan banyak. Tinggal kita sebagai perawat/calon perawat harus bisa pintar memilah dan memilih jalur yang sesuai dengan kompetensi, minat dan bakat.

Untuk gambaran saja bagi para calon Perawat atau mahasiswa Keperawatan, dan maupun yang sudah bekerja, namun masih belum menemukan lahan kerja yang cocok dengan kompetensi, minat dan bakatnya.

Nih....beberapa lahan kerja Perawat yang dapat diambil oleh Perawat :



Lahan Kerja Perawat


1. Perawat Home Care

Mungkin yang ini sudah tidak asing lagi bagi rekan-rekan. Pelayanan Home Care belakangan ini sedang menjamur di beberapa negara berkembang, termasuk Indonesia, ini kabar baik bagi Profesi Perawat.




Lahan Kerja Perawat









2. Perawat Kesehatan Kerja (Occupational Health Nurse)

Di Indonesia Pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari munculnya berbagai perusahaan-perusahaan besar yang mampu meningkatkan pendapatan negara ini. Perusahaan tersebut pasti memerlukan karyawan yang bahkan tidak sedikit jumlahnya. Nah, untuk menjamin dari segi kesehatan dan keselamatan para pekerjanya, banyak perusahaan menggunakan jasa OHN (Occupational Health Nurse) dari Profesi Perawat.
 


Lahan Kerja Perawat










3. Perawat spesialis Entrepreneur

 
Untuk yang ini, pasti akan terbesit di pikiran rekan-rekan, apa hubungannya dengan Perawat ? Namun tidak menutup kemungkinan, perawat juga punya jiwa berwirausaha, karna sekarang di setiap institusi keperawatan sudah di berikan teori/materi Nursing Entrepreneur.

 


Lahan Kerja Perawat








4. Perawat Pendidik

 
Semakin kesini semakin banyak kebutuhan/permintaan akan jasa Perawat, apalagi dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan tentang keperawatan/kesehatan, maka semakin banyak pula bermunculan institusi keperawatan yang nantinya akan menularkan perawat-perawat muda. Jadi, siap-siap saja bagi yang ingin menjadi pengajar/ pendidik, peluang kerjanya besar.

 


Lahan Kerja Perawat










5. Perawat Advokat
 
Dewasa ini, banyak oknum-oknum yang memanfaatkan beban tugas dan tanggungjawab seorang perawat terhadap pasien untuk dijadikan kasus. Untuk itu, sangatlah penting seorang perawat advokat melindungi profesi keperawatan dan kliennya, dengan memahami hak dan tanggung jawab pemberi dan penerima jasa layanan keperawatan/kesehatan tersebut.

 


Lahan Kerja Perawat








6. Perawat Peneliti
 
Dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan tentang keperawatan/kesehatan, Perawat peneliti sangat dihargai di berbagai negara. Jadi, jika teman-teman ingin berkeliling dunia, di sinilah tempatnya.

 


Lahan Kerja Perawat









7. Perawat Politikus
 
Mungkin agak aneh. Namun, tidak menutup kemungkinan seorang perawat cakap dalam hal berpolitik. Beberapa kader partai besar, anggota DPR, dan lain-lain mempunyai latar belakang sebagai perawat. Jadi, kenapa Anda tidak ? dan juga tidak menutup kemungkinan untuk sahnya Undang-undang Keperawatan, jika di sana banyak yang duduk anggota dewan dari latar belakangnya Profesi Perawat.



Lahan Kerja Perawat









8. Perawat Konsultan Kesehatan

Nah, untuk yang satu ini mungkin yang paling gampang dilakukan. Namun, perlu pengetahuan yang tinggi dalam memahami kasus dan Asuhan Keperawatan, supaya dalam kinerjanya bisa benar-benar berkualitas dan bisa disebut sebagai Konsultan Perawat Profesional.




Lahan Kerja Perawat 

9. Perawat Teregistrasi RN (Registered Nurse).

Kelebihan dari Perawat Teregistrasi (RN) ini adalah untuk rekan-rekan bisa bekerja di negara manapun dengan status Registered Nurse.



Lahan Kerja Perawat







10. TeleNursing

Nah, inilah kemajuan teknologi kesehatan, terutama dari bidang keperawatan. Telenursing adalah Pemberian servis dan perawatan oleh perawat dengan menggunakan telekomunikasi, meningkatkan akses untuk tindakan keperawatan kepada pasien pada lokasi yang jauh atau perpencil (http://en.wikipedia.org/wiki/telenursing).

Namun, sayangnya keberadaan telenursing di negeri ini masih minim.

12. Perawat Komunitas
13. Perawat Maternitas
14. Perawat Manajer
15. Dll.


Nah, itu saja gambaran dari lahan kerja perawat, selain "hanya" bisa bekerja di RS maupun Puskesmas. Namun, untuk apa yang ada diatas tadi, diperlukan Pengetahuan, Keterampilan dan Profesionalitas yang baik. Jadi, bagi mahasiswa keperawatan/calon perawat masa depan, mari kita mulai dari sekarang untuk meningkatkan kompetensi kita, agar Perawat Indonesia bisa bersaing dengan perawat di seluruh dunia.

0 comments :

Post a Comment