Dokumen Keperawatan

Thursday 3 April 2014

Infeksi Saluran Kemih (ISK) - Pada remaja dan orang dewasa yang meliputi pengertian, penyebab, gejala dan tanda infeksi, penentuan diagnosis, pengobatan serta pencegahan dari infeksi saluran kemih.

infeksi saluran kemih

Apa yang dimaksud dengan infeksi saluran kemih?

Saluran kemih anda adalah sistem yang membuat atau memproduksi urin dan membawanya keluar dari tubuh anda. Saluran perkemihan tersebut meliputi kandung kemih dan ginjal dan saluran yang menghubungkan keduanya yaitu ureter dan uretra. Ketika kuman masuk ke sistem ini, mereka dapat menyebabkan infeksi.

Kebanyakan infeksi saluran kemih yang sering terjadi adalah infeksi pada kandung kemih. Infeksi pada kandung kemih biasanya tidak menyebabkan infeksi yang berat jika diobati sedini mungkin/segera. Akan tetapi apabila Anda tidak melakukan perawatan dan pengobatan pada infeksi kandung kemih yang anda alami, hal ini dapat menyebabkan penyebaran infeksi dan menyebar ke ginjal. Apabila terjadi infeksi ginjal yang berat, hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Apa saja penyebab infeksi saluran kemih ?

Biasanya, kuman masuk ke dalam sistem saluran kemih melalui saluran uretra, yaitu sebuah saluran yang membawa urin dari kandung kemih untuk dikeluarkan ke luar tubuh. Kuman yang biasanya menyebabkan infeksi ini hidup di usus besar dan ditemukan dalam tinja. Jika kuman tersebut masuk ke dalam uretra anda, mereka dapat melakukan perjalanan sampai ke kandung kemih dan ginjal dan menyebabkan infeksi.

Perempuan cenderung lebih mungkin untuk mengalami infeksi kandung kemih lebih besar daripada pria. Hal ini mungkin disebabkan karena perempuan memiliki saluran urethra yang pendek, sehingga lebih memudahkan bagi kuman penyebab infeksi saluran kemih untuk naik ke bagian kandung kemih.

Melalui hubungan intim suami istri juga dapat mempermudah bagi kuman untuk masuk ke saluran uretra perempuan.

Anda mungkin memiliki kecenderungan lebih untuk mendapatkan infeksi saluran kemih jika :
Tidak minum cukup cairan,
Memiliki penyakit diabetes,
Sedang hamil.
Kemungkinan bahwa Anda dapat terkena infeksi kandung kemih lebih tinggi jika Anda mempunyai masalah atau gangguan yang menghambat aliran urin/air seni dari kandung kemih. Contohnya : adanya batu ginjal atau pembesaran kelenjar prostat.
Penyebab yang belum diketahui, beberapa wanita mengalami infeksi kandung kemih berkali-kali.

Apa saja gejala dan tanda infeksi saluran kemih ?

Anda mungkin terkena infeksi saluran kemih jika Anda mengalami tanda dan gejala-gejala sebagai berikut:
Anda merasa sakit atau rasa seperti terbakar ketika buang air kecil.
Anda merasa seperti harus sering buang air kecil, tetapi tidak banyak urin yang keluar.
Perut Anda terasa berat/besar atau menggembung
Warna urin/air seni keruh atau berbau busuk.
Rasa sakit di salah satu sisi punggung bawah tulang rusuk. Di sinilah letak dari ginjal Anda.
Anda mengalami demam dan menggigil.
Anda mengalami mual dan muntah.
Hubungi dokter Anda segera jika Anda memiliki penyakit infeksi dan:
Anda mengalami demam, mual dan muntah, atau sakit di salah satu sisi punggung bawah tulang rusuk Anda.
Anda memiliki diabetes, masalah atau gangguan pada ginjal, atau sistem kekebalan tubuh yang rendah
Usia anda lebih tua dari 65.
Anda sedang hamil.
Bagaimana infeksi saluran kemih didiagnosis?

Untuk mendiagnosis adanya penyakit infeksi saluran kemih, dokter akan meminta contoh urin anda untuk dilakukan pemeriksaan dan uji untuk melihat apakah contoh urin anda mengandung kuman yang menyebabkan infeksi saluran kandung kemih. Jika Anda sudah sering atau berkali-kali mengalami infeksi saluran kemih, mungkin dokter akan menyarankan kepada anda untuk melakukan pemeriksaan ekstra untuk mencari tahu penyebab dan mengapa anda bisa mengalaminya.

Bagaimana cara pengobatan dan perawatan infeksi saluran kemih ?

Antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda biasanya akan menyembuhkan infeksi kandung kemih. Minum banyak air dan cairan lain juga dapat membantu agar anda dapat sering buang air kecil sehingga dapat mengosongkan kandung kemih setiap saat.

Jika dokter Anda meresepkan antibiotik, minumlah obat antibiotic tersebut sesuai dengan instruksi dokter. Jangan hentikan meminum antibiotic yang sudah diberikan dokter hanya karena Anda sudah merasa lebih baik. Anda harus menyelesaikan konsumsi obat yang sudah diberikan tersebut sehingga anda benar-benar sembuh dari infeksi saluran kemih dan tidak mengalaminya lagi.

Dapatkah infeksi saluran kemih dapat dicegah?

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai upaya pencegahan penyakit infeksi saluran kemih
Minum banyak air setiap hari.
Buang air kecil sering. Jangan mencoba untuk menahannya.
Jika Anda seorang wanita, buang air kecil setelah berhubungan seks.
Wanita postmenopause mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan estrogen vagina untuk mencegah ISK yang berulang. .

Sumber : http://e-medis.blogspot.com/

0 comments :

Post a Comment