Dokumen Keperawatan

Tuesday 8 April 2014

Yuuuk Aktif Bergerak, Ini Dia 10 Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan Tubuh

Yuuuk Aktif Bergerak, Ini Dia 10 Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan Tubuh - Berkeringat mungkin memang tak begitu menyenangkan karena identik dengan suhu ruangan yang panas atau tubuh yang menjadi kotor. Padahal keringat yang timbul dari hasil aktivitas memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, lho.

Berikut 10 manfaat penting berkeringat bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir Boldsky :

1. Menurunkan berat badan
Berkeringat sebenarnya adalah salah satu cara yang baik untuk membakar kalori. Jika memang Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga, cobalah duduk di sauna untuk membantu Anda menurunkan berat badan.

2. Membuang racun
Semua limbah beracun yang disimpan dalam tubuh akan dikeluarkan saat Anda berkeringat. Dengan cara ini ginjal, hati, usus dan organ vital lainnya dibersihkan.

3. Meredakan stres
Selama ini diketahui bahwa latihan fisik dapat membantu mengatasi stres. Padahal yang menjadi kuncinya justru karena keringat yang keluar selama melakukan latihan fisik tersebut. 

4. Mendinginkan tubuh saat suhu di sekitar panas
Ketika kelenjar keringat Anda aktif, maka tubuh akan mengeluarkan cairan dari tubuh. Selain itu, berkeringat juga merupakan cara yang bagus untuk mendinginkan suhu tubuh. Bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda merasa panas tapi tidak bisa berkeringat. Semua panas tubuh akan terjebak di dalam tubuh dan memberi efek yang tak menyenangkan.

5. Menyeimbangkan cairan tubuh
Natrium dan kalium diperlukan untuk keseimbangan cairan tubuh Anda. Jadi, jika tanpa disadari Anda mengonsumsi makanan dengan kelebihan natrium atau kalium, keringat akan mengimbanginya. 

6. Membersihkan pori-pori
Jerawat atau infeksi kulit seringkali terjadi karena pori-pori kulit tersumbat. Nah, salah satu manfaat utama keringat adalah membuka dan membersihkan pori-pori kulit. Selain itu, berkeringat akan memberikan kulit menjadi lebih sehat dan bersinar. 

7. Membantu proses hidrasi
Sama pentingnya seperti buang air kecil yang akan membuat Anda haus dan minum. Berkeringat juga merupakan salah satu cara tubuh untuk merasa haus lagi, berkeringat juga merupakan cara di mana excretes tubuh. Berkeringat membuat Anda haus dan dengan demikian merupakan bagian dari proses hidrasi alami.

8. Meningkatkan sirkulasi darah
Ketika Anda berkeringat biasanya kulit akan memerah. Proses ini terjadi karena berkeringat menarik darah ke kulit dan membantu meningkatkan sirkulasi darah.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Berkeringat membantu tubuh Anda membuang racun. Efek positifnya, berkeringat akan membantu menjaga sistem tubuh tetap bersih dan meningkatkan kekebalan terhadap penyakit.

10. Mempercepat metabolisme
Manfaat lain berkeringat adalah membantu tubuh menggunakan kalori dan mempercepat tingkat metabolisme. Jika Anda memiliki tingkat metabolisme yang tinggi, maka nafsu makan bisa dipastikan juga akan menjadi sehat.

Sumber : health.detik.com

0 comments :

Post a Comment