Dokumen Keperawatan

Sunday 13 April 2014


dokumenkeperawatan.blogspot.com

Hindari Stres dengan 6 Langkah Berikut  - Jakarta - Sudah menjadi rahasia umum jika stres bisa mempengaruhi kesehatan. Bermula dari stres, obesitas, naiknya tekanan darah, mood yang berubah-ubah bahkan depresi pun bisa terjadi.

Daripada hal-hal yang tak diinginkan seperti itu bisa terjadi, tak ada salahnya bukan jika mulai sekarang melakukan beberapa langkah agar bisa lebih mudah hilangkan stres? Nah, dikutip dari ABC Australia, Kamis (10/4/2014) berikut ini enam langkah yang bisa membantu Anda agar lebih mudah hilangkan stres :


http://dokumenkeperawatan.blogspot.com/

1. Luangkan waktu untuk bersenang-senang

Berikan waktu bagi diri Anda untuk bersenang-senang secara teratur tanpa merasa bersalah. Hal ini bisa dilakukan dengen menyelipkan kegiatan yang menyenangkan dengan rutin setelah urusan pekerjaan selsai.

Dengan bersenang-senang bersama teman, tak hanya pikiran Anda saja yang bisa bebas dari stres tapi Anda pun bisa menjalin hubungan sosial dengan teman yang bisa menjadi pendukung ketika Anda mengalami masalah.




http://dokumenkeperawatan.blogspot.com/






  
  
2. Belajar katakan 'Tidak'

Sungkan untuk menolak sesuatu padahal Anda sendiri enggan melakukannya justru bisa membuat tubuh lelah dan menimbulkan beban berlebih bagi psikis Anda. Keengganan mengatakan tidak sering dikaitkan dengan keinginan untuk tetap disukai orang lain.

Sebaiknya, mulailah bersikap tegas mana hal-hal yang bisa Anda lakukan dan yang tidak. Asal memiliki alasan yang logis, sebuah penolakan masih bisa membuat Anda dihormati oleh orang di sekitar.
 



http://dokumenkeperawatan.blogspot.com/
3. Belajar untuk rileks

Latihan relaksasi di mana Anda belajar untuk mampu melepaskan ketegangan otot bisa membantu mengurangi stres. Berlatih relaksasi secara teratur bahkan ketika sedang tidak stres bisa menjadi peangkal stres utama.

Latihan relaksasi bisa dilakukan melalui meditasi, yoga, atau yang simpel yakni belajar mengatur pernapasan sambil memusatkan pikiran pada hal-hal yang membuat Anda rileks.




http://dokumenkeperawatan.blogspot.com/

 







4. Seimbangkan pekerjaan dan kegiatan

Usahakan meninggalkan kantor tepat waktu dan usahakan jangan bawa pekerjaan ke rumah. Ada kalanya Anda juga membutuhkan waktu untuk bisa memanjakan tubuh dan berinteraksi dengan keluarga dan teman. Justru, beban kerja yang terlalu berat akan membuat Anda makin stres.

Ingat, jangan habiskan seluruh waktu Anda untuk pekerjaan karena di luar sana masih banyak hal-hal yang bisa Anda lakukan.



http://dokumenkeperawatan.blogspot.com/


 






5. Sempatkan olahraga

Dengan meningkatkan produksi zat kimia tertentu di otak, olahraga bisa membuat suasana hatijadi lebih baik. Olahraga juga membantu agar tidur makin nyenyak sehingga di keesokan harinya Anda bisa menyongsong hari dengan lebih berenergi dan semangat.



http://dokumenkeperawatan.blogspot.com/


 






6. Bicarakan

Saat ada masalah jangan pernah memendamnya. Berbagilah dengan keluarga, teman, rekan kerja, dan orang lain yang menurut Anda bisa dipercaya. Dengan berbagi Anda bisa saja menemukan solusi. Justru, ketika memendam masalah, Anda bisa merasa terisolasi dan membuat stres makin parah.


Sumber : DetikHealth

0 comments :

Post a Comment